Kami adalah Para Blogger

Kami adalah para blogger. Belajar menulis setiap hari. Mewarnai hari-hari di depan laptop atau gadget dengan beragam artikel. Ada yang suka buat diari, menulis puisi, curhat kisah sehari. Boleh suka jalan-jalan, masak-memasak atau bahkan teknologi. Dari tulisan yang ringan seperti humor jenaka sampai yang rumit seperti cinta juga ada. (Nah lho!)

Mungkin banyak di antara kami di masa pemula copycat the master tapi perlahan kami belajar mengungkapkan suatu perasaan, pikiran, kehendak, kepentingan lewat bahasa kami sendiri. Semoga tidak curhat masalah pribadi sering-sering sekali.

upupwithpeople.com

 

Kami tidak setuju menulisi gosip, kabar yang tidak jelas, kisah-kisah tak memiliki nilai pendidikan, menulisi suatu karya ilmiah tanpa spesialisasi atau sertifikasi atau sekurangnya kesungguhan menekuni secara otodidak bidang tertentu. Ini lebih kepada tanggung jawab kami dalam menyebar informasi.

Kami juga tidak pernah bermaksud menyebar kebencian meski ada di antara kami suka memainkan peran sebagai ” media penyanggah” atau “media sebagai anjing penjaga”. Harapannya sih ” media untuk mencerdaskan bangsa ” saja. Itu!

Kadang-kadang terpikir juga berita-berita semacam itu cepat menaikkan rating atau semacam humor politik. Lalu saat ingin menuliskan khawatir dituduh memihak pada kepentingan penguasaha dan bukannya kepentingan agama, bangsa dan negara (keluarga??).

Kami boleh saja menjadi juru pengiklan suatu produk tapi tetap menyampaikan spesifikasi produk sebagai pedagang yang terpercaya. Bisa saja blog membawa pada popularitas baik semu (sesemu dunia maya) atau nyata (senyata dunia fana) itu sendiri.

weblogcartoons.com

Sekedar mengingatkan, jangan pernah menilai blog dari kulit luarnya. Hati-hati, meskipun sebuah blog bernama kebenaran dot com bukan berarti isinya nggak bisa dikritisi. (Memangnya kitab suci, hehe).

Kami para blogger dapat menjadi tentara-tentara perdamaian, promotor program sosial atau bahkan duta-duta wisata tanpa gaji. Kami menyebarkan virus-virus kewirausahaan agar orang tak melulu bermimpi menjadi abdi negeri. Kami bisa berada di antara komunitas-komunitas penebar inspirasi.

Sesiap-siapnya juga menjadi penyebar informasi layaknya relawan RAPI atau duta kemanusiaan seperti PMI. Siaga terhadap bencana atau berbagi tips menghadapi kecanggihan penipu dan pencuri masa kini. Yang penting bisa berbagi sesama anak negeri.

http://www.shutterstock.com

Kami bisa mengulas tuntas tentang suatu klub sepakbola dari sudut pandang komentator yang berdiri bebas atau jurnalis yang kritis. Lebih seringnya sih mendukung klub yang kami sukai.

Kami adalah para blogger. Menulis saja sekemampuan diri. Meski tidak digaji semoga suatu hari nanti ada redaktur yang baik hati yang melamar kami jadi jurnalis sejati. (Hihihi, Aamiin)

frankifoni.blogspot.com

Banda Aceh, 21 November 2015
Diedit pada 22-28 November 2015

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s