Apa itu Forum Kolaborasi Komunitas?

Forum Kolaborasi Komunitas merupakan mediator, pusat informasi dan wadah bagi agenda-agenda bersama yang menghubungkan komunitas-komunitas di dalamnya dengan semua pemangku kepentingan termasuk pemerintah, ulama dan cendekiawan, masyarakat, perusahaan dan perbankan dan sebagainya. Forum Kolaborasi Komunitas didirikan dengan semangat menyelesaikan permasalahan bersama secara bersama-sama.Cikal bakal Forum Kolaborasi Komunitas bermula pada peringatan Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) pada 21 Februari 2016 yang bermula dari inisiatif ICAIOS Aceh yang memiliki program Urbanisme Warga bersama komunitas yang bergerak di bidang lingkungan: Earth Hour Aceh. Pada saat itu, lebih dari 50 komunitas pada akhirnya ikut terlibat termasuk pemerintah Kota Banda Aceh dan kalangan perusahaan dan perbankan sebagai sponsorship kegiatan.

13077010_267397936935500_5538524218196951752_n.jpg

Peringatan Hari Bumi (Earth Day) pada 22 April 2016 dalam rangkaian kegiatan dari Festival Kota Kita 2016.

Cikal bakal selanjutnya dari Forum Kolaborasi Komunitas adalah kegiatan bertajuk Festival Kota Kita 2016. Kegiatan akbar tersebut terdiri dari dua agenda utama; Peringatan Hari Bumi (Earth Day 2016) dan Peringatan 811 Tahun Kota Banda Aceh. Kegiatan tersebut disponsori oleh Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPera), Kementerian Agraria dan Tata Ruang, Pemerintah Kota Banda Aceh serta lembaga ICAIOS Aceh.


Semangat Kolaborasi: Semangat Bareng-bareng Menjadi Bagian dari Solusi
Setelah puncak Peringatan Hari Bumi pada 22 April 2016, sejumlah kegiatan pre-event Festival Kota Kita turut digelar antara lain Tanya Warga, Berbagi dengan Thalassemia dan Seminar Fashion Khas Daerah. Sementara puncak kegiatan Festival Kota Kita dipusatkan di Ruang Terbuka Hijau (RTH) Meuraksa, di Desa Lambung, Kecamatan Meuraksa, Kota Banda Aceh pada 7-8 Mei 2016. Terlibat dalam kegiatan ini lebih dari 70 komunitas yang kegiatannya berpusat di kota Banda Aceh dan sekitarnya. Komunitas yang ada dibagi ke dalam empat kluster yaitu youthful and social; culture and heritage; green city; dan smart-creative city di mana keempat kluster tersebut saling berkolaborasi menyajikan berbagai aksi kreatif, workshop, perlombaan dan sebagainya.


Tanya Warga, salah satu pre-event Festival Kota Kita 2016
Pertemuan perwakilan komunitas-komunitas di Sekretariat Bersama di Taman Sari Banda Aceh pada hari Jumat, 3 Agustus 2016 memutuskan untuk mendeklarasikan berdirinya Forum Kolaborasi Komunitas. Atas izin dari pemerintah kota Banda Aceh, Sekretariat Bersama (Sekber) yang berlokasi di Taman Sari Banda Aceh telah dapat dipergunakan sebagai pusat kegiatan Forum Kolaborasi Komunitas.

Sesaat setelah Deklarasi dan Pemilihan Pengurus Forum Kolaborasi Komunitas pada hari Jumat, 3 Agustus 2016 di Sekber Taman Sari Banda Aceh

Terpilih secara aklamasi Ketua Forum Kolaborasi Komunitas Nanda Satria, S.Pd. Sarjana fresh graduate pada Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Jurusan Geografi yang juga penggerak komunitas Sahabat Hijau ini sebelumnya merupakan Ketua Panitia Festival Kota Kita 2016. Adapun sebagai wakil ketua diemban oleh Aulia, S.Pd dari Komunitas Peduli Lingkungan Hidup (Kophi), sekretaris diamanahkan kepada Teuku Zopan Mustika (Polyglot Indonesia Chapter Aceh) dan Dara Fitria Munzaki dari komunitas FOSMA ESQ 165 sebagai bendahara.

Untuk mempermudah dan merekatkan kolaborasi, maka dibagilah komunitas-komunitas yang ada ke dalam lima bidang sesuai dengan permasalahan dan bidang minat komunitas yang ada. Kelima bidang tersebut terwakili pada logo Forum Kolaborasi Komunitas yang tersusun dari 5 (lima) warna, yang terdiri dari:

1) Warna merah, mewakili komunitas-komunitas yang bergerak di bidang Kepemudaan dan Sosial (Youthful and Social)

2) Warna kuning, mewakili komunitas-komunitas yang bergerak di bidang Budaya dan Sejarah (Culture and Heritage)

3) Warna hijau, mewakili komunitas-komunitas yang bergerak di bidang Green City (lingkungan hidup).

4) Warna biru, mewakili komunitas-komunitas yang bergerak di bidang Pendidikan.

5) Warna hitam, mewakili komunitas-komunitas yang bergerak di bidang Kreativitas.

Forum Kolaborasi Komunitas bertujuan untuk dapat menjembatani semua pihak dalam memikirkan, menawarkan dan menghadirkan solusi. Oleh karena itu Forum Kolaborasi Komunitas terbuka untuk semua pihak dengan tetap menjaga solidaritas dan semangat kebersamaan.

Untuk informasi atau diskusi lebih lanjut dapat silaturahim bersama kami di Sekretariat Bersama (Sekber) Forum Kolaborasi Komunitas di Jalan Tgk. Abu Lam U, di kawasan Taman Sari Banda Aceh. Atau menghubungi via sosial media berikut (klik pada link untuk masuk):

Facebook: https://www.facebook.com/kolaborasikomunitas/

Twitter: https://twitter.com/fkk_aceh

Instagram: http://instagram.com/kolaborasikomunitas

Email: kolaborasikomunitasaceh@gmail.com
Banda Aceh, 27 Desember 2016

Narasi oleh : Azhar Ilyas

Foto-foto: Dari berbagai sumber

Video: Sumber Post

Advertisements

5 thoughts on “Apa itu Forum Kolaborasi Komunitas?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s