Ini Jadwal Kegiatan HPSN 2017 di Banda Aceh

Tercatat lebih dari 100 komunitas telah mendaftar untuk ikut serta dalam kegiatan Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) 2017 di Banda Aceh hingga tulisan ini dibuat. Ketua Panitia Peringatan HPSN 2016, Aldi Febryan, menyatakan kegiatan  HPSN 2017 merupakan wujud kolaborasi antara pemerintah, akademisi, komunitas serta masyarakat dan para stakeholder.

Adapun kegiatan yang dipersiapkan dalam rangka peringatan HPSN 2017 mencakup survei kepedulian masyarakat terhadap penanganan sampah, sosialisasi kepedulian terhadap penanganan sampah, aksi pembersihan bawah laut dan pesisir laut oleh kolaborasi pemerintah, akademisi, lintas komunitas, masyarakat dan stakeholder lainnya, serta pemaparan strategi pemerintah terhadap pengendalian sampah.

Secara lebih rinci, jadwal kegiatan utama HPSN 2017 di Banda Aceh adalah sebagai berikut:

  1. Sabtu, 25 Februari 2017. Aksi pungut sampah bawah laut (underwater clean up) di dua titik, yaitu dekat dermaga nelayan Ulee Cot dan dekat jembatan Ulee Lheue – Kampung Jawa.
  2. Acara puncak kegiatan HPSN 2017. Kegiatan yang akan dilakukan berupa kerja bakti di 8 titik lokasi yang tersebar di seputaran Ulee Lheue, Kecamatan Meuraxa, pemilahan sampah serta pembacaan ikrar Indonesia Bebas Sampah 2020.

Dari pemerintah, yang terlibat mencakup Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan (DLHK) Provinsi Aceh, Dinas Lingkungan Hidup, Kebersihan dan Keindahan Kota (DLHK3) Banda Aceh serta seluruh satuan SKPD di bawah naungan Pemerintah Kota (Pemko) Banda Aceh. Sedangkan dari akademisi termasuk di antaranya International Centre for Aceh and Indian Ocean Studies (ICAIOS).

Sementara ratusan komunitas yang terlibat termasuk komunitas penyelam yang akan terlibat dalam aksi underwater clean up, komunitas lingkungan hidup, komunitas kepemudaan, komunitas sosial, komunitas kreativitas, sejarah dan budaya dan sebagainya. Dalam kegiatan ini juga akan melibatkan masyarakat termasuk komunitas nelayan dan pemuda setempat.

Dalam kesempatan terpisah Ketua Forum Kolaborasi Komunitas, Nanda Satria, yang juga merupakan penggerak kegiatan ini menyatakan bahwa peringatan Hari Peduli Sampah Nasional 2017 merupakan penyelenggaraan kedua kalinya, setelah tahun lalu yang melibatkan lebih dari 55 komunitas pada 21 Februari 2017. Dalam penyelenggaraan tahun sebelumnya, Walikota Banda Aceh Hj. Illiza Sa’aduddin Djamal turut mencanangkan penggunaan kantong plastik berbayar yang merupakan pertama kalinya di nusantara.

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s