More Than Just A Library: Inovasi Tiada Henti Untuk Si Jantung Hati Negeri

Berkelana di Unsyiah Library saat ini seakan menemukan sebuah ruang waktu yang menembus dimensi. Tak terbayangkan kini berbagai upaya perubahan telah menyulap perpustakaan yang dulu senyap dan sunyi menjadi instalasi futuris yang menghadirkan jutaan inspirasi. Di sudut awal kita memasuki ruang Pustaka Unsyiah, kita akan menemui sambutan hangat dari petugas perpustakaan yang melayani sepenuh hati.

Hasil gambar untuk relax and easy unsyiah library
Knowledge is Free at Our Library. Just Bring Your Own Container. Sumber: library.unsyiah.ac.id

Kini, peran petugas perpustakaan memang lebih dari sekedar penjaga buku, namun berkembang menjadi mitra layanan literasi. Kelas literasi juga disediakan untuk berbagi mengenai layanan tepadu Pustaka Unsyiah yang telah terstandardisasi secara internasional.

Sedikit lebih ke dalam, layanan sirkulasi Pustaka Unsyiah sudah dilengkapi dengan teknologi tinggi. Cukup dengan meletakkan buku di mesin peminjaman, maka semua data buku sudah tersimpan rapi. Terlambat mengembalikan buku? Mesin pengembalian langsung akan membaca dan menyampaikan jumlah denda. Jangan khawatir, ada aplikasi UILIS Unsyiah dan pemberitahuan via email yang siap memberitahukan bila masa pengembalian buku sudah terlewati.

Hasil gambar untuk uilis aplikasi unsyiah library
Aplikasi UILIS Mobile. Sumber: acehraya.co.id

Banyak inovasi menarik lainnya yang dengan mudah ditemui, di antaranya adalah kegiatan pertunjukan dan apresiasi seni setiap hari Rabu siang bertajuk Relax and Easy. Para performer bisa menampilkan sajak deklamasi, music atau tarian. Tak jarang dosen yang ikut mengisi. Wuih, tak pernah terbayangkan akan serasa berada di perpustakaan luar negeri.

Hasil gambar untuk relax and easy unsyiah library
Relax and Easy Unsyiah Library. Source: library.unsyiah.ac.id

Dengan standardisasi Internasional yang telah diraihnya, Pustaka Unsyiah telah mampu menghantarkan Unsyiah meraih Akreditasi A dari Dikti. Fasilitas yang disediakan melalui local content Perpustakaan Unsyiah mencakup antara lain:

–        Electronic Theses and Dissertase (ETD), menyediakan pencarian skripsi, thesis dan disertasi terpadu. Pengakses bahkan dapat memesan salinannya menurut syarat dan ketentuan yang berlaku.

–          OPAC (Online Public Access Catalogue) yang merupakan akses katalog publik daring untuk mencari referensi yang ingin kamu temukan.

–          Publikasi Jurnal Unsyiah.

–          Data Statistik Perpustakaan.

–          Panduan Pelayanan Perpustakaan berbasis ISO 9001:2008

–          Literature Searching Service

–          Website Unsyiah Library

–          Pustaka TV, dan sebagainya.

1491750480795
Para Finalis Duta Baca Unsyiah 2017. Sumber: library.unsyiah.ac.id

Segenap apresiasi diberikan kepada UPT Perpustakaan Unsyiah semoga tak menjadikannya berpuas diri. Pusat inovasi dan pembaharuan dari Universitas Syiah Kuala semestinya dimulai dari sini. Tempat di mana kegiatan akademis bisa dipadukan dengan berbagai metode pembelajaran yang menarik dan interaktif. Semuanya ada di UPT Perpustakaan Unsyiah.

Selamat Ulang Tahun untuk Perpustakaan Unsyiah, semangat terus berinovasi!

Blog Competition ULF 2017

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s